Alat Music Tifa

Indonesia merupakan Negara yang memiliki beragam kebudayaan. Setiap pulau terdiri dari banyak suku, dan disetiap suku memiliki budayanya masing-masing. Mulai dari bahasa, pakaian adat, tradisi adat, makanan khas, hingga alat music khas di tiap daerah. Sangat banyak alat music yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah Tifa.

alat music tifa nusantara


Alat Music Tifa Berasal Dari Daerah Timur Indonesia

Tifa adalah alat music yang berasal dari daerah timur Indonesia yaitu Papua dan Maluku. Bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya ini ternyata ada beberapa jenis, yaitu Tifa potong, Tifa jekir, Tifa dasar dan Tifa bas. Alat music Tifa ini sering digunakan dalam berbagai macam upacara adat.

Alat Music Tifa Merupakan Jenis Alat Music pukul

Alat music Tifa merupakan jenis alat music pukul, alat music ini telah diperkenalkan ke dunia melalui Festival Fete De La Musique 2021 yang digelar oleh UNESCO Creative Cities Network (UCCN). Untung menghasilkan bunyi pada Tifa, anda hanya perlu menabuh atau memukul permukaan Tifa dengan irama yang sesuai agar menghasilkan bunyi yang indah.

Pada bagian badan alat music Tifa terdapat ukiran yang sangat khas, ukiran tersebut ternyata merupakan tanda untuk pengenalan status social dari orang yang memainkannya. Suku-suku pada daerah Timur Indonesia salah satunya yaitu suku Asmat, terkenal sangat lihai dalam memainkan alat music ini. Alat music tifa juga dijadikan sebagai identitas untuk para pria oleh suku Asmat.

Tifa dari Papua dan Maluku ternyata memiliki ciri yang membedakan, yaitu pada Tifa dari Papua memiliki pegangan pada sisinya, sedangkan pada Tifa dari Maluku tidak memiliki pegangan alias hanya berbentuk seperti tabung. Jenis-jenis alat music Tifa pun memiliki cirri khas sesuai dari asal daerah masing-masing.

Bahan pembuatan Alat Music Tifa

Alat music ini dibuat dengan kayu berkualitas terbaik di dunia yaitu kayu Lenggua dan kayu Susu, proses pembuatannya yaitu sebatang kayu yang dikosongkan isinya, kemudian diukir dan salah satu sisinya akan ditutup menggunakan kulit hewan (biasanya menggunakan kulit rusa ataupun kulit biawak soa-soa). Setelah itu, kulit yang dipasangkan pada salah satu sisi tifa akan diikat menggunakan rotan secara melingkar.

Post a Comment for "Alat Music Tifa "